Senin, 05 Maret 2012


SENI DRAMA
               sampai saat ini, belum ada definisi tentang seni/kesenian yang dapat memuaskan semua orang. Para ahli menyampaikan rumusan yang berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan oleh perbedaan sudut pandang, pendapat, atau aliran yang berheda-beda pula. Namun, dari keanekaragaman rumusan itu, masih mempunyai inti sari yang sama, yaitu kesenian selalu dihubungkan dengan keindahan.
Keindahan menimbulkan rasa senang bagi orang yang melihat atau mendengarnya. Para seniman secara kreatif berusaha mewujudkan keindahan itu. Cara mewujudkannya bermacam-macam, tergantung bahan dasarnya. Sebagai contoh, dari bahan dasar kayu diukir menjadi patung (seni patung), kanvas digambari dengan cat menjadi lukisan (seni lukis), nada-nada suara digubah menjadi lagu (seni musik), dan bahasa dikarang menjadi novel (seni sastra).

Seni drama diwujudkan dari berbagai bahan dasar karena dalam seni drama terkandung seni-seni yang lain. Seni drama sebagai tontonan merupakan perpaduan sejumlah cabang seni, yaitu
(1) seni sastra (naskah cerita),
(2) seni lukis (tata rias dan tata panggung),
(3) seni musik (musik pengiring),
(4) seni tari (gerak-gerik pemain), dan
(5) seni peran (pemeranan tokoh).
Karena banyaknya cabang seni yang terlibat, agaknya tak mungkin suatu pementasan drama merupakan hasil karya seorang seniman. Gedung pementasan drama adalah tempat bertemunya para seniman, seperti sastrawan, aktor, komponis, dan pelukis. Para seniman itu bekerja sama (sesuai dengan bidangnya masing-masing) mewujudkan seni drama yang akan dinikmati keindahannya oleh penonton.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipertegas keberadaan drama sebagai karya seni, yaitu seperti di bawah ini.
1. Drama termasuk salah satu jenis seni atau lengkapnya seni drama karena di dalamnya terdapat berbagai keindahan yang dapat dinikmati penonton.
2. Drama adalah satu-satunya jenis seni yang paling kompleks karena untuk mewujudkannya perlu melibatkan berbagai seniman, seperti sastrawan, pemain, komponis, dan pelukis.
3. Drama merupakan perpaduan berbagai jenis seni yang membentuk satu kesatuan yang utuh.
Pustaka
Terampil bermain drama Oleh Asul Wiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar